Sunday, June 24, 2018

Bongkar Dugaan Korupsi Proyek Jalan di Agara 2017 Rp 110 M


Bongkar Dugaan Korupsi Proyek Jalan di Agara 2017 Rp 110 M






PERS RILIS)
Tahun ini jalan Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) diaspal dan lebarnya pun ditambah.
Amri Sinulingga tim Investigasi Pemantau Keuangan Negara ( PKN ) Aceh Tenggara mengatakan, peningkatan jalan di Agara tahun 2017 ini sebesar Rp 110 Miliar, anggaran tersebut sumber dananya berasal dari dana Otonomi Khusus ( Otsus ) Rp 36 M, Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Rp 26 M dan Dana Infrastruktur Daerah ( DID ) Rp 48 M.
Sebut Amri Sinulingga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kabupaten Agara belakangan ini terus menjadi sorotan publik. Pasalnya, tak hanya progres pelaksanaan pengerjaan berbagai proyek pembangunan yang dilaksanakan instansi ini tiap tahunnya sangat bobrok dan menyimpang dari ketentuan spesifikasi teknis.
Proses tender puluhan paket proyek fisik pekerjaan konstruksi, baik peningkatan jalan maupun pengaspalan jalan lokal Kabupaten Agara dengan sumber dana DAK dan Otsus pada tahun 2016, senilai ratusan miliar diduga kuat  banyak penyimpangan Spesifikasi Teknis.
Selain pelaksanaan terindikasi korupsi, kolusi dan nepotisme akibat adanya petmainan pemenang tender juga sudah diatur kepada kontraktor yang dekat dengan oknum kepala dinas PUPR Agara Ir.M Husin MM dan keroni-kroni sang Bupati Agara H.Hasanuddin B, karena pabrik Asphalt Mixing Plaint PT. Gala Fila Mandiri ( AMP PT. GFM ) punya keluarga Bupati Agara.
Proyek peningkatan jalan Kampung Nangka – Buah Pala dan Berandang tahun 2016 dengan nilai kontrak sebesar Rp.7.475.760.000,- selain diragukan kualitas bahan yang digunakan berupa dari hasil tes bahan dari laboratorium bahan konstruksi teknik, dan begitu juga dalam penggunaan material di duga asal jadi seperti batu kerikil yang digunakan dan patching badan jalan dengan LPA kelas A, langsung digunakan dengan LPA kelas B, lapisan resap  pengikat (Prime coat), lapisan perekat (tack coat), patcing badan jalan dengan ATB ketebalan dan menghampar badan jalan dengan AC ketebalan ternyata praktek pengerjaan di lapangan diduga kuat tidak sesuai spesifikasi, terutama ketebalan patching badan jalan dan menghampar badan jalan dengan AC.
Proyek Peningkatan Jalan Kampung Baru SMA Perisai – Tanah Merah, Peningkatan Jalan Batu Mbulan – Terutung Pedi, Peningkatan Jalan Lawe Tua – Lawe Serke, dan Peningkatan Jalan Kota Kutacane – Pulo Latong Tahun Anggaran 2017 dalam tahap pengerjaan, nilai anggaran sebesar Rp.13.400.000,000,- dan Nilai Kontrak Rp.13.334.930.000,- sementara nilai HPS belum di ketahui karena di rahasiakan, menyatukan empat ruas jalan lokal yang tersebar di Kabupaten Aceh Tenggara yang dimenangkan oleh PT. IS BROTHERS semestinya yang dimenangkan tentu penawaran yang bisa memberikan penghematan pada anggaran negara secara rasional, misalnya penawaran kurang 10-15 persen dari nilai pagu proyek, itu lumrah angkanya.
Proyek Peningkatan Jalan Rikit – Lawe Kinga, Peningkatan Jalan Biak Muli – Pedesi Terutung Payung dan Peningkatan Jalan Simpang Rema – Maha Singkil ,Tahun Anggaran 2017, nilai anggaran sebesar Rp. 13.500.000.000,- pemenangnya PT. KARYA SEBUDI BRANTAS, dengan nilai kontrak sebesar Rp.13.437.680.000,- menyatukan tiga ruas jalan lokal yang tersebar di Kabupaten Aceh Tenggara, sesuai  Perpres N0.54 tahun 2010 Pasal 24 ayat 3 butir a,b dijelaskan, dalam melakukan Pamaketan Barang/Jasa.
Terkait bobroknya kinerja dinas PUPR dalam pelaksanaan pengerjaan puluhan paket proyek fisik kontstruksi di Kabupaten Agara,
Amri Sinulingga meminta Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk mengusut dugaan pemyimpangan proyek di Dinas PUPR Kabupaten Aceh Tenggara yang disinyalir telah merugikan Negara, karena menurut Amri Sinulingga sudah bertahun-tahun Kepolisian daerah terkesan tutup mata.
NB: (Untuk semua media)
PERKUMPULAN PEMANTAU KEUANGAN NEGARA-PKN
SK.MENKUM HAM NO:AHU-014646 AH-01.07.2015
www.frontantikorupsi.com
(Bravo Alpha Romeo.Oscar Ten 10)
Untuk memenuhi kode etik jurnalis,dapat menghubungi Bupati Agara dan Kadis PUPR Agara.
Bupati Agara H.Hasanuddin B,
no hp 082165120547.
Kepala Dinas PUPR Agara
Ir.M Husin MM no hp 081269466972.

No comments:

Post a Comment

Kemenangan PKN di PTUN bandar Lampung adalah Kemenangan Rakyat Indonesia agar APBDES DAN LPJ

  Kemenangan PKN di PTUN bandar Lampung adalah Kemenangan Rakyat Indonesia agar APBDES DAN LPJ APBDES Adalah informasi Publik yang perlu dik...